Pengertian OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Fungsi, Tugas dan Wewenangnya

  Dewasa ini kita banyak mendengar tentang kata OJK baik di televisi, maupun di dunia perbankan, tapi apakah sobat blogger tahu apa itu OJK dan bagaimana OJK bekerja dan apa saja wewenangnya,,

  Okee di blog ini,, Admin akan membahaas tentang Apa itu OJK, Pengertianya, dan apa saja fungsi tugas dan juga wewenang yang dimiliki oleh OJK.




   Pengertian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah sebuah lembaga di indonesia yang mempunyai fungsi, tugas dan juga wewenang untuk mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan baik di sektor industri  perbankan maupun non bank.

  Dibertuk berdasarkan UU Nomor 21 tahun 2011 yang berfungsi mengawasi keseluruhan kegiatan di di sektor keuangan. yang dulunya wewenang ini di lakasankan oleh BI (Bank Indonesia) tetapi sekarang sudah di gantikan secara resmi oleh OJK (Otoritas Jasa keungan).

  Adapun jenis jasa keuangan yang di awasi langsung oleh Otoritas Jasa Keungan :

  • Industri perbankan BPR (Bank Perkreditan Rakyat) maupun Bank Umum
  • Industri jasa asuransi
  • Pasar modal di indonesia
  • Lembaga pembiyaan non bank
  • Leasing
  • Dan lembaga jasa keuangan lainnnya

Melihat tujuan dibentuknya OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah :

  Bertujuan untuk melindungi customer atau nasabah dari industri jasa keungan yang tidak sesuai dengan peraturan dari OJK, memilihara iklim ekonomi yang stabil, menjadikan sistem ekonomi keunagan yang tumbuh berkembang dan berkelanjutan.

Lalu wewenang apa saja yang di miliki oleh OJK ?? Antara lain :

  • Membuat POJK (Peraturan Otoritas Jasa Keuangan) yang didalamya mencakup tentang peraturan yang dibuat oleh OJK, menetapkan kebijakan oprasional pengawasan terhadap kegiatan sektor industri lembaga jasa keuangan.
  • Pemeriksaan dan penyidikan terhadapat industri lembaga jasa keuangan.
  • Perlindungan konsumen dengan melakukan audit setiap tahun terhapat industri jasa keuangan, apabila jasa keungan tidak sejalan dengan POJK atau melakukan pelanggaran maka OJK akan memberikan sebuah sanksi atas pelanggan tersebut.
  • Memberikan perintah tertulis kepada industri lembaga jasa keuangan
  • Memberikan atau mecabut izin usaha industri lembaga jasa keuangan.

  Itulah sobat blogger informasi tentang OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

  Dan Waspada Terhadapat Penipuan yang Mengastasnamakan OJK
banyak sekarang pinjaman online yang menawarkan pinjaman dengan bunga ringan dan langsung bisa cair uangnya.
  Padahal pinjaman online tersebut bisa saja tidak terdaftar di OJK alhasil nasabah yang tergiur akan merasa rugi karna biasanya kita harus mengirimkan beberapa uang terlebih dahulu dan ternyata adalah penipuan.

  Pastikan jika kita ingin melakukan pinjaman online carilah informasi terlebih dahulu apakah pinjaman online tersebut sudah terdaaftar dan diawasi oleh OJK atau belum.  Jika ingin lebih pasti carilah pinjaman ke Bank dan daftar langsung ke kantor Bank tersebut karna pasti sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).


Sekian dari admin dan Terima kasih...
masbusero Hallo sobat blogger, saya admin masbusero.com semoga artikel yang dibaca kawan-kawan semua bisa bermanfaat dan berguna untuk masyarakat luas, admin hanya penulis baru apa bila ada salah kata saya minta maaf sebesar-besarnya, dengan adanya blog ini saya juga berharap bisa menambah teman maupun sahabat baru di dunia blogger, Salam Blogger dan Selalu Budayakan Membaca.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian OJK (Otoritas Jasa Keuangan) Fungsi, Tugas dan Wewenangnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel